Langsung ke konten utama

Pendapatan Daerah DKI 2015 Sebesar Rp 44 Triliun

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015 di Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta.


" Pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp 56,30 triliun, dan terealisasi sebesar Rp 44,20 triliun atau 78,51 persen"
Basuki memaparkan ‎realisasi pendapatan daerah tahun 2015 mencapai Rp 44,40 triliun.Tahun 2015, APBD DKI senilai RP 69 triliun.
"‎Pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp 56,30 triliun, dan terealisasi sebesar Rp 44,20 triliun atau 78,51 persen" ujarnya, Jumat (24/6).
Sedangkan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) terealisasi Rp 33,68 triliun atau 88,73 persen dari target Rp 37,96 triliun. Sedangkan untuk realisasi belanja daerah terdiri dari realisasi belanja tidak langsung Rp 20,70 triliun atau 90,11 persen dari anggaran sebesar Rp 22,98 triliun.
Sedangkan untuk realisasi belanja langsung Rp 22,32 triliun atau 60,82 persen dari anggaran sebesar Rp 36,70 triliun.
"Belanja digunakan untuk pelaksanaan program unggulan, seperti pengembangan Terminal Pulo Gebang, pembebasan tanah untuk koridor MRT sepanjang Jalan Lebak Bulus-Bunderan Senayan," ungkapnya.
Kemudian ada pembangunan jalan dan saluran pengaman sejajar BKT, peningkatan pedestrian, peningkatan jalan-jalan strategis dan pembangunan Jalan Layang Busway Kapten Tendean-Blok M-Cileduk.
Dana itu juga digunakan untuk antisipasi banjir, rob dan genangan. Pelaksanakan dilakukan dengan pembebasan tanah waduk, pembangunan tanggul pantai, pembangunan rumah pompa, dan normalisasi sungai, serta melaksanakan program Jakarta Urgent Flood Mitigation Project (JUFMP) dan Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI).
"Dana juga digunakan untuk peningkatan kualitas lingkungan perumahan dan pemukiman Kota, melalui perencanaan dan pembangunan rumah susun," tandasnya.
Beberapa rusun yang sudah dibangun di antaranya seperti Rusun KS Tubun, Rusun Cakung Barat, Rusun Rawa Bebek, Rusun Jatinegara Kaum, Rusun Daan Mogot, Rusun Lokbin Rawa Buaya, Rusun Penjaringan, dan Rusun Pulo Gebang.
Selain itu juga digunakan untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, melalui pengadaan alat berat kebersihan, pemeliharaan dan perawatan sarana kebersihan, penanganan sampah pesisir utara Jakarta, serta pembinaan dan sosialisasi gerakan hidup bersih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan Tipar Cakung Raya Marak PKL

Sumber: beritajakarta.com Pedagang kaki lima (PKL) semakin marak di sepanjang Jalan Tipar Cakung Raya, Sukapura, Jakarta Utara. Lapak-lapak PKL digelar di atas trotoar kiri kanan jalan. Dari pantauan Beritajakarta.com , lapak PKL sangat mengganggu pejalan kaki yang melewati trotoar. Bahkan, ada juga lapak yang berada di bahu jalan. Sehingga sering menghambat arus lalu lintas di jalan tersebut. Terkait hal ini, Lurah Sukapura, Supardi mengatakan, PKL di sisi kanan dan kiri Jalan Tipar Cakung Raya telah ada sejak lama. Ia pun mengaku kesulitan menertibkan PKL, karena banyak yang juga merupakan warga sekitar. "Sulit, PKL‎ di sana itu banyakan warga sini juga," ucapnya, Senin (12/10). Namun Supardi akan segera membawa permasalahan PKL ke rapat pimpinan (Rapim) Pemerintah Kota (Pemkot) AdministrasiJakarta Utara. "Mudah-mudahan dari sana akan ada jawaban dan tindak lanjut yang jelas," tandasnya‎.

Keluarga Pasien Protes, Tarif Parkir RSUD Koja Mahal

Sumber: beritajakarta.com Para pembesuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, mengeluhkan sistem tarif parkir yang diterapkan di rumah sakit tersebut. Menurut mereka, sistem tarif parkir per jam sangat memberatkan. Keluarga dan kerabat pasien mengaku keberatan dengan tingginya tarif parkir yang diterapkan. Apalagi kalau mereka sedang menemani atau menjaga keluarganya yang tengah dirawat di rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta tersebut. "Sangat mahal. Ini kan rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta. Harusnya tarif parkir tidak semahal ini," keluh Saiman (29), salah satu keluarga pasien, Jumat (2/10). Menurut Saiman, tidak sepatutnya rumah sakit justru membebani dengan biaya tinggi kepada keluarga pasien, terlebih mengenai tarif parkir. Hal senada diungkapkan Harum (30), yang sedang menunggu kerabatnya yang tengah dirawat di rumah sakit tersebut. "Saya sangat keberatan dengan tarif parkir yang mahal," cetusnya. Berdasarkan pantau

Hasil Panen Padi Petani Rorotan Turun 50 Persen

Sumber: beritajakarta.com Cuaca ekstrem yang terjadi di Ibukota beberapa waktu belakangan ini membuat hasil panen padi para petani di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara mengalami penurunan.