Senin, 19 September 2016

Waduk Bojong Indah Jadi Tempat Bersantai Warga

Pasca normalisasi waduk Bojong Indah, di komplek Perumahan Bojong Indah, Jalan Belimbing, RW 06, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat bebas sampah.


" Dulu waduk tidak pernah diurus. Saking parahnya lumpurnya sampai hampir rata dengan bibir waduk"
Pantauan Beritajakarta.com, waduk seluas 1,6  hektare ini tidak terlihat satu sampah pun. Selain itu, air di sekeliling waduk juga bening tidak terdapat lumpur.
Pohon berukuran besar membuat kawasan waduk  tampak asri, teduh dan indah. Warga juga bisa menggunakan fasilitas tempat duduk saat di waduk.
Hendra (54) warga komplek Bojong Indah mengatakan, bahwa sejak waduk dibangun tahun 1977 hingga 2009 waduk sama sekali tidak pernah diurus. Bahkan lumpur dan sampah hampir rata dengan bibir waduk.
“Dulu waduk tidak pernah diurus. Saking parahnya lumpurnya sampai hampir rata dengan bibir waduk,” ujar Hendra, Senin (19/9).
Imbasnya, saat hujan deras perumahan Bojong Indah jadi langganan genangan minimal 30 sentimeter. Sedangkan kalau musim hujan bisa mencapai ketinggian 1,5 meter lebih. Namun, pasca normalisasi waduk pada tahun 2015, genangan jarang terjadi.
“Wilayah kami juga kalaupun masih ada genangan saat musim hujan, tapi hanya setinggi 15-20 sentimeter. Itupun cepat surut,” katanya.
Kasatlak UPK Badan Air Barat dan Utara, Richard menuturkan untuk menjaga kebersihan waduk dari sampah, sekitar lima petugas PHL Badan Air bersiaga tiap harinya dari pukul 09.00-16.00.
“Selain itu juga rutin membabat keberadaan rumput dan tanaman liar di seliling waduk hingga selain bersih juga tertata rapi,” tandas Richard.
Sumber: Beritajakarta.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar