Kamis, 08 September 2016

DKI Buka Pembibitan Sapi di Bangka Barat

DKI Buka Pembibitan Sapi di Bangka Barat
Sumber: beritajakarta.com
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta jalin kerjasama pembibitan dan penggemukan sapi dengan Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

Kerjasama ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antar kedua daerah. Kabupaten Bangka Barat akan menyediakan lahan seluas 14 hektare dan pakan ternak. Sementara Pemprov DKI Jakarta akan menyediakan bibit sapi serta pelatihan sumber daya manusia (SDM).
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berharap agar kerjasama ini bisa berjalan dengan baik. Sehingga bisa menguntungkan kedua belah pihak. "Kami harap Bangka Barat bisa jadi pendukung pangan, khususnya kebutuhan daging di DKI," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (8/9).
Basuki menunjuk Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP), serta PD Dharma Jaya sebagai pelaksana. Kerjasama yang dilakukan melingkupi pembangunan pusat pembibitan ternak sapi atau breeding centre, penggemukan ternak sapi atau fattening, penyediaan hijauan makan ternak dan penyediaan bibit sapi.
Selain itu juga, pengembangan teknologi, manajemen pengolahan, pembinaan sumber daya manusia. Serta peningkatan dukungan infrastruktur, sarana, prasarana, dan fasilitas ternak sapi.
Basuki menambahkan, kerjasama bisa berkembang kepada bidang lainnya, misalnya budi daya ikan. Daerah yang melakukan kerjasama juga bisa bertambah. "Semua daerah yang buka, kami mau kerjasama. Semua daerah yang bisa sediakan seperti di Bangka Barat ini kami mau kerjasama," ucapnya.
Bupati Bangka Barat, Parhan Ali mengatakan, kerjasama ini untuk bisa memenuhi kebutuhan daging sapi baik di bangka bArat maupun DKI Jakarta. Pihaknya akan menyediakan lahan seluasa 14 hektare. "Rencananya baru lebih kurang 500 ekor bibit sapi. PKS-nya kami bicarakan nanti sore," tandasnya.
Sebelumnya kerjasama bidang yang sama telah dijalin dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar