Langsung ke konten utama

Jelang Tahun Baru, Harga Cabai dan Bawang Merah Turun

Sehari menjelang perayaan Tahun Baru 2016, harga cabai dan bawang merah di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur mulai mengalami penurunan. Selain itu pasokan yang ada juga turut menurun. Padahal pekan lalu harga maupun pasokan cukup tinggi. 
Sumber: Beritajakarta.com
Manajer Pasar Induk Kramatjati Jakarta Timur, Nurman Adhi mengatakan, mulai hari ini harga cabai dan bawang merah memang mulai mengalami penurunan. Puncak kenaikan harga dua komoditas ini terjadi pada minggu ketiga Desember.
Harga cabai merah keriting saat ini masih stabil, yakni Rp 34 ribu per kilogram (kg). Kemudian cabai merah besar turun dari Rp 29 ribu menjadi Rp 28 ribu per kg.  Kemudian cabai rawit merah turun dari Rp 26 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg dan cabai rawit hijau turun dari Rp 17 ribu menjadi Rp 16 ribu per kg.
Pasokan cabai juga turut menurun. Pekan lalu pasokan per hari rata-rata mencapai 115 ton namun pada minggu kelima rata-rata pasokannya sekitar  111 ton.
"Saat ini memang harga cabai mengalami penurunan setelah sepekan lalu sempat melonjak tajam. Diprediksi pada Januari mendatang harganya sudah kembali normal seperti bulan November lalu yang hanya berkisar Rp 18 ribu hingga 22 ribu per kilogram," ujar Nurman Adhi, Rabu (30/12).
Kondisi serupa terjadi pada bawang merah, yang turun dari Rp 26 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg. Puncak kenaikan harga bawang merah terjadi pada minggu ketiga yang mencapai Rp 28 ribu per kg.
Diprediksi, Januari mendatang juga harganya normal kembali seperti bulan November yang hanya Rp 18 ribu per kg.  Pasokan bawang merah pada minggu ke empat setiap hari rata-rata mencapai 113 ton dan di minggu kelima rata-rata 77 ton.
Imam Siryadi (50), pedagang cabai di Los HSB mengaku, usai Natal memang pembeli merosot tajam. Diprediksi perdagangan normal kembali pada pekan depan saat Januari.
"Saat ini pembeli memang sepi karena banyak warga yang mudik. Sehari paling habis sekitar 2 ton. Padahal pekan lalu atau hari-hari biasa mencapai 3-4 ton per hari," ujar Imam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan Tipar Cakung Raya Marak PKL

Sumber: beritajakarta.com Pedagang kaki lima (PKL) semakin marak di sepanjang Jalan Tipar Cakung Raya, Sukapura, Jakarta Utara. Lapak-lapak PKL digelar di atas trotoar kiri kanan jalan. Dari pantauan Beritajakarta.com , lapak PKL sangat mengganggu pejalan kaki yang melewati trotoar. Bahkan, ada juga lapak yang berada di bahu jalan. Sehingga sering menghambat arus lalu lintas di jalan tersebut. Terkait hal ini, Lurah Sukapura, Supardi mengatakan, PKL di sisi kanan dan kiri Jalan Tipar Cakung Raya telah ada sejak lama. Ia pun mengaku kesulitan menertibkan PKL, karena banyak yang juga merupakan warga sekitar. "Sulit, PKL‎ di sana itu banyakan warga sini juga," ucapnya, Senin (12/10). Namun Supardi akan segera membawa permasalahan PKL ke rapat pimpinan (Rapim) Pemerintah Kota (Pemkot) AdministrasiJakarta Utara. "Mudah-mudahan dari sana akan ada jawaban dan tindak lanjut yang jelas," tandasnya‎.

Keluarga Pasien Protes, Tarif Parkir RSUD Koja Mahal

Sumber: beritajakarta.com Para pembesuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, mengeluhkan sistem tarif parkir yang diterapkan di rumah sakit tersebut. Menurut mereka, sistem tarif parkir per jam sangat memberatkan. Keluarga dan kerabat pasien mengaku keberatan dengan tingginya tarif parkir yang diterapkan. Apalagi kalau mereka sedang menemani atau menjaga keluarganya yang tengah dirawat di rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta tersebut. "Sangat mahal. Ini kan rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta. Harusnya tarif parkir tidak semahal ini," keluh Saiman (29), salah satu keluarga pasien, Jumat (2/10). Menurut Saiman, tidak sepatutnya rumah sakit justru membebani dengan biaya tinggi kepada keluarga pasien, terlebih mengenai tarif parkir. Hal senada diungkapkan Harum (30), yang sedang menunggu kerabatnya yang tengah dirawat di rumah sakit tersebut. "Saya sangat keberatan dengan tarif parkir yang mahal," cetusnya. Berdasarkan pantau

Trotoar di Gambir Marak Parkir Liar

Sumber: beritajakarta.com Trotoar yang baru saja diperbaiki, di Jalan Balikpapan dan Jalan Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat dipenuhi mobil yang parkir sembarangan. Hal ini jelas menggangu fungsi trotoar untuk penjalan kaki.