Kota Jakarta unggul sebagai pemenang global ajang We Love Cities 2018
yang diselenggarakan World Wide Fund for Nature (WWF). Selain ajang We
Love Cities, Jakarta juga kembali terpilih menjadi pemenang nasional One
Planet City Challenge (OPCC).
(Foto : / Beritajakarta.id) |
Dengan
kemenangan mutlak tersebut, Jakarta berhak menyandang gelar sebagai
kota paling dicintai warganya dan mengalahkan sejumlah kota besar
lainnya di dunia, termasuk Tokyo, Vancouver dan Kuala Lumpur.
Setelah
melewati kampanye masif pada 7 Mei sampai 30 Juni 2018, Jakarta
berhasil menjadi pemenang. Penghargaan ini melibatkan kontribusi warga
Jakarta untuk memberikan dukungan mereka kepada kota tercinta melalui
voting dan saran-saran perbaikan untuk pembangunan kota.
Jakarta
selaku pemenang kampanye We Love Cities 2018 dan pemenang nasional OPCC
akan menerima sertifikat dan pengakuan global pada acara OPCC Global
Awards Ceremony dalam rangkaian Global Climate Action Summit di San
Francisco, Amerika Serikat pada 12-14 September 2018.
"Jakarta
menang dengan jumlah dukungan yang telak dibanding kota lainnya. Ini
menunjukkan kemampuan Jakarta merangkul warganya untuk memberikan
dukungan dalam ajang kampanye internasional ini," ujar Isnawa Adji,
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Rabu (4/7).
Isnawa
melanjutkan, kemenangan ini dicapai berkat dukungan dari Gubernur dan
Wakil Gubernur DKI Jakarta, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, BUMD,
serta dukungan seluruh warga.
“Mustahil
kemenangan ini dapat diraih tanpa kontribusi warga Jakarta yang
mencintai kotanya. Bapak Gubernur dan Wagub bahkan ikut serta
berkampanye melalui ajakan dalam video pendek yang menjadi viral di
sosmed,” kata Isnawa.
Salah
satu kunci kemenangan Jakarta, sambung Isnawa, adalah interaksi di
sosial media menggunakan tagar #WeLoveJakarta. Tercatat 164.954
interaksi di sosial media dan 4.464 saran untuk menjadikan Jakarta lebih
baik dari warga Jakarta.
"Sesuai kebijakan Gubernur Anies Baswedan, bahwa membangun Jakarta harus dengan pendekatan bebasis gerakan," kata Isnawa.
Untuk
menjadi pemenang We Love Cities, Jakarta harus bersaing dengan 50 kota
finalis dari 21 negara. Tujuan kampanye ini untuk meningkatkan umpan
balik dan melibatkan warga dalam pembangunan kota berkelanjutan untuk
mendukung aksi menghadapi tantangan perubahan iklim.
Sementara
itu, Global Communicator Sustainable Cities WWF, Victoria Olausson
menuturkan, Kota Jakarta memiliki kemampuan yang luar biasa dalam meraih
dukungan dari warganya dalam kampanye ini.
"Ketertarikan
masyarakat dengan pemerintah kota adalah kunci sebuah kota dalam meraih
kesuksesan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," tandasnya.
Komentar
Posting Komentar